Apa Sih Arti Lockdown dan Social Distancing?

Pixabay

TEKIWE, Sejak Virus Corona atau Covid-19 yang pertama kali muncul di Wuhan Cina dan merebak ke seluruh dunia, muncul juga istilah-istilah baru yang sering kita dengar dalam beberapa hari terakhir ini berhubungan dengan virus tersebut.

Perjuangan seluruh dunia termasuk Indonesia dalam melawan penyebaran Virus Corona membuat istilah-istilah asing ini berseliweran di berita dan media sosial, namun tahukah anda apa artinya?

Berikut arti beberapa istilah baru yang berhubungan dengan Virus Corona:

1. Social distancing

Social distancing artinya mengurangi jumlah aktivitas di luar rumah dan interaksi dengan orang lain, mengurangi kontak tatap muka langsung. Langkah ini termasuk menghindari pergi ke tempat-tempat yang ramai dikunjungi, seperti pasar, konser, tempat wisata, bioskop, stadion dan supermarket.

Orang yang terpaksa harus berada di tempat keramaian disarankan untuk menjaga jarak dengan orang lain paling tidak 1 meter.

2. Isolasi

Isolasi artinya tindakan pemisahan pasien berpenyakit menular dari orang lainnya. Istilah isolasi biasanya digunakan untuk seseorang yang telah menunjukkan gejala terinfeksi virus corona dan berpeluang untuk menginfeksi orang lain, sehingga perlu dipisahkan agar virus tidak menyebar.

Saat kondisi seperti ini, pemerintah akan melakukan  penutupa sejumlah tempat dan kawasan umum guna menekan penyebaran virus corona. Aktivitas warga juga akan dibatasi dan diharuskan untuk tetap berada di dalam rumah.

3. Lockdown

Lockdown berarti situasi dimana pemerintah melarang warga untuk masuk ke suatu tempat karena kondisi darurat. Lockdown juga bisa berarti negara atau daerah yang menutup perbatasannya, agar tidak ada orang yang masuk atau keluar dari negara atau daerah itu.

error: Content is protected !!