Tips  

Kenapa Keripik Pisang Manurun Oleh-Oleh Bartim Begitu Renyah?

Keripik Pisang Manurun Oleh-Oleh Bartim

TEKIWE, Barito Timur – Kenapa Keripik Pisang Manurun Oleh-Oleh Bartim begitu renyah? Apakah menggunakan bahan khusus perenyah makanan?

Itulah bunyi pertanyaan yang sering dilontarkan oleh penikmat keripik pisang kebanggaan warga Barito Timur ini.

Jawaban atas pertanyaan di atas adalah TIDAK.

Sebenarnya yang membuat keripik pisang tersebut renyah, tidak tampak kecoklatan dan tidak tengik adalah karena pemilihan bahan baku dan bahan penunjang yang baik, perlakuan bahan baku yang benar serta teknik penggorengan yang baik.

Berikut tips membuat keripik pisang yang enak dan renyah:

1. Pilihlah pisang manurun kuning yang sudah cukup tua. Umur buah pisang manurun yang tua sekitar 80-90 hari.
Kenapa pisang manurun kuning? Pisang manurun kuning menghasilkan keripik berwarna kuning yang menarik. Cara membedakan dengan pisang manurun putih yaitu: warna kulit pisang manurun kuning lebih hijau gelap ketika tua.

2. Gunakan pisang yang sehat berisi dan baru ditebang hari itu juga. Penggunaan pisang yang telah disimpan beberapa hari akan mempengaruhi kerenyahan keripik karena pisangnya telah layu.

3. Pisang yang telah dikupas harus segera digoreng. Kupasan pisang yang disimpan beberapa jam akan membuat pisang kebiru-biruan karena getah pisang yang mengering. Ini akan membuat warna keripik nanti terlihat kotor.

4. Jangan dianggap sepele. Teknik pengirisan dan ketebalan irisan pisang mempengaruhi rasa dan tampilan keripik. Pelajari teknik dan ketebalan irisan yang pas untuk menentukan ciri khas keripik buatan Anda.

5. Jangan merendam irisan pisang dengan air kapur. Perendaman irisan pisang dengan air kapur justru akan menghasilkan keripik pisang yang keras, karena zat kapur justru membentuk lapisan luar yang keras pada irisan pisang.
(Lebih parah lagi, saya dengar ada yang merendam irisan pisang dalam air kaporit. Wah!)

6. Gunakan minyak goreng yang baik yaitu yang mengandung lemak jenuh paling rendah (jangan minyak goreng curah). Kita memang tidak mengkonsumsi merek, namun menggunakan minyak goreng kemasan dengan merek terkenal akan memberikan jaminan kualitas minyak goreng.

7. Goreng keripik dalam minyak yang benar-benar panas.

8. Simpan keripik pisang dalam wadah tertutup yang kedap udara.

9. Jika untuk dijual, gunakanlah kemasan yang baik agar keripik tetap renyah ketika sampai ke tangan konsumen. Pengemasan yang baik juga dapat meningkatkan nilai jual keripik buatan Anda

Jangan menyerah untuk terus bereksperimen hingga menemukan resep khas keripik pisang buatan Anda.

Selamat mencoba

(untuk pemesanan dapat menghubungi WA 085253652888)

error: Content is protected !!