Berita  

Pemkab Sumba Barat Daya Angkat Potensi Wisata Air Terjun Loko Winne

Pelatihan pengelolaan obyek wisata air terjun Loko Winne

TEKIWE, Sumba Barat DayaPemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) melalui dinas pariwisata terus berupaya untuk mengangkat potensi wisata air terjun Loko Winne yang terletak di Dusun Dimu Dede, Desa Pada Eweta Kecamatan Wewewa Timur.

Salah satu upaya yang dilakukan selain mempromosikan obyek wisata tersebut yakni memberikan pelatihan pengelolaan obyek wisata.

Pelatihan yang juga diikuti oleh unsur perangkat desa, kelompok sadar wisata atau pokdarwis, tokoh masyarakat serta perwakilan perempuan tersebut dilaksanakan selama 2 hari yakni tanggal 20-21 November 2020 bertempat di GKS Mondo Mia cabang Radaka Soma Sawah.

Saat dimintai penjelasan terkait pelatihan itu, Kabid Kelembagaan Dinas Pariwisata SBD Naomi Lodo mengungkapkan, tujuan pelatihan wisata untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat di desa wisata yang telah dibentuk.

“Karena rata-rata desa wisata di SBD ini masih baru dengan yang namanya pariwisata,” kata Naomi.

Keindahan obyek wisata air terjun Loko Winne

Lanjutnya, para peserta pelatihan diberikan materi diantaranya manajemen pengelolaan sampah plastik serta pemahaman dasar dan perencanaan pengembangan desa wisata.

“Kami dari dinas punya harapan besar melalui pelatihan ini, wisata air terjun Loko Winne bisa berkembang dan berkontribusi bagi kesejahteraan masyarakat Desa Pada Eweta serta menjadi contoh bagi desa lain untuk mengembangkan potensi wisata yang ada di desa itu,” imbuh Naomi.

Sementara itu, ketua Pokdarwis Mata Kaito, Daud Bobo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Pariwisata SBD yang telah mengadakan pelatihan desa wisata di Desa Pada Eweta, khususnya untuk pengembangan obyek wisata Loko Winne.

“Harapan saya agar dinas pariwisata tidak saja memberikan pelatihan tapi juga mengusulkan ke pemerintah daerah maupun pusat agar mengalokasikan anggaran untuk pengembangan destinasi wisata air terjun andalan Desa Pada Eweta,” pinta pria yang juga menjabat Kepala Dusun Dimu Dede ini.

error: Content is protected !!