Berita  

PT AAL dan PT BCL Tingkatkan Kualitas Pendidikan pada Desa Lingkar Perkebunan

TEKIWE, Barito Timur – Perusahaan Perkebunan Sawit PT Astra Agro Lestari (AAL) 1 dan PT Bhadra Cemerlang (BCL) selalu berkomitmen kepada peningkatan kualitas pendidikan pada desa-desa yang berada di lingkar perkebunan.

Komitmen tersebut diwujudkan dengan menggelar Training Komite Sekolah Bisa batch 2 bagi para guru di desa-desa lingkar perkebunan yang dipandu trainer atau fasilitator dari Jakarta, Acih Suarsih dan Sisworo.

Kegiatan yang digelar secara virtual pada tanggal 9-10 April 2021 tersebut, dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Barito Timur Drs Arsepto Halin MMA, Kepala UPT Disdik Kecamatan Patangkep Tutui Kari SPd dan Korwil Kecamatan Haruai, Suryanto SPd, Mujeriaruddin SPd dan H Sutrisno SPd, Kepala SMAN 1 Haruai Syaiful Arifin SPd MPd, Kepala SDN 1 Nawin Hilir Erna Suhriah SPd, Kepala MTS Haruai Ponijo SPd, Kepala SDN 2 Bentot Rumina SPd, Kepala SDN Kambitin Sarifudin SPd serta 57 guru perwakilan dari 12 sekolah di wilayah desa lingkar perkebunan.

Drs Arsepto Halin MMA dalam sambutannya menyampaikan, tanggungjawab pendidikan tidak hanya pada pemerintah, namun juga swasta, dunia usaha dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melalui corporate social responsibility atau CSR.

“Pendidikan yang bermutu dan berkualitas tidak semudah membalikkan telapak tangan, tetapi membutuhkan perjuangan dan kerja keras oleh para pelaku pendidikan,” kata Arsepto.

Hal itu, lanjut dia, akan mudah diraih jika semua pihak bersama-sama memikirkan serta memperhatikan keberlanjutan dunia pendidikan.

“Semua pihak harus terlibat baik itu swasta, BUMN dan pengusaha. Seperti halnya pada pagi ini adanya kepedulian dari PT Bhadra Cemerlang yang mengambil bagian dalam menyalurkan CSR-nya melalui pendidikan dan pelatihan bagi bapak dan ibu guru di Kabupaten Barito Timur,” imbuhnya.

Sementara itu, Perwakilan Manajemen atau CDO PT AAL 1 dan PT BCL Suparmono menyampaikan harapannya agar kegiatan Training Komite Sekolah Bisa tersebut dapat memberikan dampak positif bagi sekolah-sekolah di lingkar perkebunan.

Senada, Social Engagement (SE) PT AAL 1 dan PT BCL sekaligus ketua panitia training, Akhsan Arief berharap kegiatan Training Komite Sekolah Batch 2 yang dilaksanakan secara virtual memberikan manfaat bagi sekolah-sekolah lingkar perkebunan.

“Perusahaan kami terus mengabdi dan berbagi dengan menghadirkan sesuatu yang dapat bermanfaat terkhususnya untuk peningkatan kualitas pendidikan,” kata Akhsan.

Suhaimi SPd, guru di SMPN 6 Tanjung mengaku kegiatan bermanfaat bagi sekolah tempatnya mengajar.

“Adanya training ini memberikan wawasan yang sangat bagus dan diperlukan bagi saya pribadi sebagai kepala sekolah, harapan saya training seperti ini diadakan secara rutin setiap semester atau setiap tahun. Terima kasih PT AAL 1 dan PT BCL yang sudah memfasilitasi kegiatan ini,” timpal Kepala Sekolah SDN 1 Nawin Hilir, Suhriah SPd. (Adv)

error: Content is protected !!