Tumbuhan Liar ini Ampuh Melenyapkan Bau Badan yang Mengganggu

Daun beluntas

TEKIWE – Beberapa hari lalu saya berkunjung ke Desa Telang Baru Kecamatan Paju Epat, Barito Timur. Di sekitar rumah warga banyak ditemukan beluntas yang tumbuh liar, namun sayangnya ketika saya menanyakan nama dan manfaat tumbuhan itu, tidak satupun warga yang tahu.

Dikutip dari Wikipedia, Beluntas (pluchea indica) merupakan tumbuhan semak yang bercabang banyak, daunnya berusuk halus dan berbentuk lonjong dengan gerigi di tepi daun serta berbulu lembut.

Umumnya tumbuhan ini ditanam sebagai tanaman pagar atau bahkan tumbuh liar, tingginya bisa mencapai 3 meter apabila tidak dipangkas, sehingga sering kali dimanfaatkan sebagai pagar pekarangan.

Di beberapa daerah daun beluntas dipercaya ampuh melenyapkan bau mulut dan bau keringat atau bau badan yang kurang sedap. Daun yang memiliki aroma khas karena kandungan alkaloid, flafonoida, tannin, kalsium, natrium, magnesium, fosfor dan minyak atsiri ini dapat diambil bagian yang masih muda untuk dijadikan lalapan langsung mentah atau yang sudah atau terlebih dahulu dikukus sebelum dikonsumsi. Selain itu bisa diambil air rebusannya saja untuk diminum.

Selain dapat menghilangkan bau badan, berikut beberapa manfaat lain dari daun beluntas yang mengandung, protein, karbohidrat, kalori, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C:

1. Untuk kesehatan kulit dan wajah. Daun beluntas memiliki sifat antioksidan untuk merawat kulit. Kandungan zat aktif lainnya juga dapat memperbaharui sel-sel kulit mati dan meregenerasinya. Manfaatkan daun beluntas sebagai masker maupun luluran untuk merawat kulit dan wajah.

2. Mengurangi keputihan. Keputihan menjadi masalah yang sering dihadapi kaum hawa terkait organ reproduksi, kandungan pada daun beluntas sudah dipercaya turun temurun mampu mengatasi masalah keputihan. Herbal ini dapat dikonsumsi sebagai lalapan mau pun direbus untuk diminum air rebusannya.

3. Meredakan sakit pinggang. Daun beluntas juga biasa dimanfaatkan masyarakat yang jauh dari dokter atau yang tidak ingin mengkonsumsi obat kimia. untuk meredakan sakit pinggang yang diderita, caranya yakni dengan meminum secara rutin air rebusan daun beluntas.

4. Menyembuhkan perut kembung. Daun beluntas ternyata juga berkhasiat menyembuhkan masuk angin atau perut kembung, kandungan zat aktif dan mineral herbal ini dipercaya dapat meredakan perut kembung. Caranya, dengan mengkonsumsi daun yang muda segar sebagai lalapan atau pun meminum air rebusan daun tersebut.

Masih banyak khasiat lain tumbuhan liar ini yang dapat kita ulas di lain kesempatan. Salam sehat. (**)

error: Content is protected !!